IKLAN

IKLAN

Minggu, 03 Januari 2010

Askep Fraktur Nasal

iklan
Askep Fraktur Nasal: "

FRAKTUR NASAL



A. Definisi


Fraktur adalah terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya. Fraktur terjadi jika tulang dikenai stress yang lebih besar daripada yang diabsorpsinya.


Fraktur nasal disebabkan oleh trauma dengan kecepatan rendah. Sedangkan jika disebabkan oleh trauma kecepatan tinggi biasanya berhubungan dengan fraktur wajah biasanya Le Fort tipe 1 dan 2. Selain itu, injury nasal juga berhubungan dengan cedera leher atau kepala.



B. Etiologi


Penyebab trauma nasal ada 4 yaitu:


1. Mendapat serangan misal dipukul.


2. injury karena olah raga


3. kecelakaan (personal accident).


4. kecelakaan lalu lintas.


Dari 4 causa diatas, yang paling sering karena mendapat serangan misalnya dipukul dan kebanyakan pada remaja. Jenis olah raga yang dapat menyebabkan injury nasal misalnya sepak bola, khususnya ketika dua pemain berebut bola diatas kepala; olah raga yang menggunakan raket misalnya ketika squash, raket dapat mengayun ke belakang atau depan dan dapat memukul hidung atau karate; petinju.


Trauma nasal yang disebabkan oleh kecepatan yang tinggi menyebabkan fraktur wajah.



C. Patogenesis


Trauma wajah disebabkan oleh 5 hal tergantung dari kecepatan dan kekerasan pukulan, yaitu :


1. Bukan fraktur


Disebabkan pukulan yang tidak keras.


2. Fraktur kelas 1


3. Fraktur kelas 2


4. Fraktur kelas 3


5. fraktur Le Fort tipe 2 dan 3.



D. Komplikasi


1. Deviasi hidung


Deviasi dapat terjadi pada septum nasal, tulang nasal atau keduanya.


2. Bleeding


3. Saddling


4. kebocoran cairan serebrospinal


5. komplikasi orbital



E. Penatalaksanaan


1. Deviasi


Tindakan yang dilakukan pada deviasi septum biasanya dengan septoplasty. Selain itu seiring dengan perkembangan bedah plastic untuk komestika, maka dapat dilakukan rhinoplasty. Rhinoplasty adalah operasi plastic pada hidung. Ada 2 macam :


a. Augmentasi rhinoplasty : penambahan pada hidung. Yang harus diperhatikan tidak boleh menambahkan injeksi silicon. Yang boleh digunakan adalah bahan dari luar, misalnya silicon padat maupun bahan dari dalam tubuh sendiri misal tulang rawan, flap kulit/dermatograft.


b. Reduksi rhinoplasty : pengurangan pada hidung.


2. Bleeding


Terjadi bleeding karena lacerasi mucosal sebaiknya dihentikan 24 jam dengan nasal packing atau jika persisten dan banyak dilakukan dengan membuka arteri sphenopalatine atau arteri ethmoidal anterior. Tempat terjadinya bleeding seharusnya diidentifikasi dan jika dari sphenopalatine maka eksplorasi septal dikeluarkan dan ketika arteri dibebaskan dari segmen fraktur biasanya dihentikan dengan packing (balutan). Jika arteri ethmoidal masih terjadi bleeding setelah fraktur ethmoidal maka dilakukan ‘clip’ dengan ethmoid eksternal yang sesuai.


3. Saddling


Biasanya terjadi pada fraktur kelas 3 dan hasilnya adalah kegagalan untuk meng’extract’ tulang nasal dari bawah tulang frontal atau terjadi malunion tulang nasal yang disebabkan fraktur laybirith ethmoidal.


4. Kebocoran cairan serebrospinal


Ini jarang terjadi. Ini hanya akan terjadi jika fragmen tulang menginsersi ke dalam area dural tear (air mata) maka akan terjadi kebocoran. Tindakan yang dilakukan dengan craniotomy frontal. Perlu diperhatikan juga bahwa kebocoran bisa terjadi karena komplikasi dari meningitis sehingga perlu diobservasi kondisi pasien post trauma dan periode discharge. Penanganan dengan antibiotic prophylactic perlu dilakukan.


5. Komplikasi orbital


Tindakan dacryocystorrhinostomy dilakukan untuk mengatasi masalah.



F. Diagnosa Keperawatan yang muncul


1. Nyeri akut b.d injury fisik


2. Resiko infeksi


3. PK : perdarahan


4. Pola nafas tidak efektif b.d deformitas tulang


5. Kurang pengetahuan b.d kurangnya informasi


6. gangguan gambaran diri b.d injury/trauma dan pembedahan.



http://askep-askeb-kita.blogspot.com/

iklan

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT (SILAHKAN KLIK):