IKLAN

IKLAN

Minggu, 03 Januari 2010

Jika harus operasi ....

iklan
Jika harus operasi ....: "
Setelah dokter menyatakan bahwa seorang pasien harus dioperasi ... biasanya pasien dan keluarga diminta untuk menandatangani Surat Persetujuan Tindakan / Operasi.
Sebelum menandatangani surat tsb, pasien dan atau keluarga bisa bertanya langsung pada dokter yang hendak mengoperasi mengenai penyakit yang di derita. Tindakan operasi seperti apa yang dilakukan oleh si dokter dan komplikasi apa saja yang mungkin bisa terjadi.
Biasanya, dokter pasti ngejelasin semuanya secara panjang dan lebar ... cuma mungkin masih ada yang kurang jelas ... nah disinilah saatnya pasien dan keluarga bertanya sepuas-puasnya.
Dokter akan menjelaskan organ apa yang mau dioperasi / diambil, akan berapa lama kira-kira harus menjalani perawatan ... dan yang paling penting adalah resiko yang bakalan timbul jika tidak dilakukan operasi.
Sebaiknya jawaban untuk setuju atau tidak dilakukan tindakan operasi harus dipikirkan betul-betul kalau perlu minta pendapat saudara terdekat atau orang tua. Lain halnya dengan operasi pada kasus yang tergolong gawat darurat / cito, mau ga mau harus di operasi dan kalau bisa jangan terlalu lama mikir setuju atau tidak karena pada kasus gawat darurat / emergensi biasanya dokter berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan nyawa pasien.
Jadi idealnya pada kasus emergensi jika dokter memang memutuskan tindakan terbaik adalah operasi, ikuti saja nasehat dokter ybs karena pasti itu adalah tindakan yang paling baik untuk menolong si pasien.
Tenangkan diri ... ikuti semua petunjuk dokter dan paramedis di RS.
Blog ini khusus buat mereka-mereka yang dalam waktu dekat ini berurusan dengan dokter bedah, akan menjalani pembedahan, mempunyai kerabat/saudara yang mau menjalani pembedahan atau buat mereka yang pengen tauk soal bedah .... juga buat pemerhati Ilmu Bedah ... mangkanya ditunggu dong komentarnya ....
"iklan

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT (SILAHKAN KLIK):