IKLAN

IKLAN

Minggu, 03 Januari 2010

Pola Hidup Sehat Cegah Kanker

iklan
Pola Hidup Sehat Cegah Kanker: "
Selama ini, penyakit kanker dianggap sebagai salah satu penyebab kematian yang sangat membahayakan, selain penyakit jantung. Namun, berbagai penelitian masih belum mampu menemukan obat yang benar-benar manjur untuk penyakit tersebut. Karena itu, tak salah jika ada yang mengatakan, cara terbaik adalah dengan mencegahnya.

Mencegah dengan cara apa? Hal yang paling sering dianjurkan adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Dan, ternyata memang hal ini terbukti. Setidaknya oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Preventive Medicine Research Institute di Sausalito, California, Amerika Serikat (AS). Pola hidup sehat para relawan yang diteliti terbukti mampu mengubah gen mereka sehingga efektif untuk mencegah penyakit kanker.


Ilmuwan yang dipimpin Dr Dean Ornish dalam laporannya di Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan, terjadi sekitar 500 perubahan gen pada orang yang mempunyai pola hidup sehat. Perubahan itu termasuk 48 gen yang hidup dan 453 gen yang mati. Gen yang hidup adalah gen yang dapat mencegah penyakit. Sementara gen yang mati merupakan gen pemicu penyakit, termasuk penyakit kanker payudara dan kanker prostate.


Dalam penelitian ini, para ilmuwan tersebut melakukan penelitian terhadap 30 pria. Mereka mendapat perlakukan pola hidup sehat yang berbeda dari kesehariannya. Selama tiga bulan, para pria itu hanya memakan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Mereka juga melakukan berbagai aktivitas olahraga tingkat menengah seperti jalan kaki selama setengah jam per hari. Sebagai penyempurna, para pria itu diminta melakukan satu jam relaksasi seperti meditasi.


Hasilnya, para pria itu mengalami penurunan berat badan ke tingkat yang ideal, penurunan tekanan darah, serta menunjukkan tanda-tanda tubuh sehat lainnya. Dr Dean menegaskan bahwa temuannya adalah bukti nyata bahwa penyakit kanker memang berhubungan dengan gen dan hal itu berhubungan dengan pola hidup sehat.


Jadi, sudah seberapa sehatkah pola hidup Anda?


http://askep-askeb-kita.blogspot.com/
iklan

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT (SILAHKAN KLIK):