IKLAN

IKLAN

Senin, 22 Februari 2010

ANALISA SENAM HAMIL PADA IBU HAMIL DI KELAS IBU DI POSYANDU XXXXX

iklan
Mengajarkan senam membantu fisik mendorong istirahat dan relaksasi rutinitis fisik kemudian di buat pada masa antenatal untuk meningkatkan kesehatan fisik dan membantu mencegah masalah dalam program penekanan diberikan pada wanita hamil yang belajar rileks dan nafas dalam selama kontraksi. Thomas dan Grantly Dick read menawarkan program persalinan dan menjadi orang tua mencakup pendidikan relaksasi dan pernafasan.
Nyeri pinggang bawah lazim terjadi pada kehamilan dengan insiden yang dilaporkan bervariasi kira-kira 50% di Inggris (Monk, 1994) sampai mendekati 70% di Australia (Bullock Sasyton, 1988) manhe melaporkan bahwa 16%.

Wanita-wanita yang diteliti mengeluh nyeri punggung yang hebat 36%. Materi persiapan senam ibu menjadi orang tua umumnya dibatasi hanya untuk senam abdomen dan senam dasar panggul dan banyak ibu membimbing lanjutan dan senam dasar panggul dan banyak ibu meminta bimbingan lanjutan untuk mendapatkan senam yang bermanfaat telah tercatat bahwa hampir 45% dari ibu-ibu mengikuti senam ……..dari 1000 wanita yang disurvai melanjutkan aktifitas selama mereka hamil.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan pelaksanaan senam hamil pada ibu hamil di kelas ibu di posyandu Yosomulyo 21 Metro Pusat tahun 2008.

Jenis penelitian adalah analitik, dengan instrumen penelitian lembar kuesioner dan ceklist kemudian dilakukan pengolahan data dan disajikan dalam tabel distribusi frekuensi. Subyek penelitian yaitu ibu hamil yang melaksanakan senam hamil di kelas ibu di posyandu Yosomulyo 21 Metro Pusat sedangkan obyek penelitian adalah ibu hamil yang melaksanakan senam hamil di kelas ibu.

Populasi dalam penelitian adalah 30 ibu hamil yang melaksanakan senam hamil sehingga sampel pada penelitian ini adalah populasi yaitu seluruh populasi dijadikan sampel.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengetahuan berpengaruh pada pelaksanaan senam hamil pada ibu hamil di kelas ibu di posyandu Yosomulyo Metro Pusat.

Kata kunci : Analisa, senam hamil
iklan

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT (SILAHKAN KLIK):