IKLAN

IKLAN

Minggu, 21 Februari 2010

PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BAYI 6 – 24 BULAN DI BPS XXX

iklan
Makanan pendamping ASI adalah makanan tambahan yang diberikan pada bayi setelah berusia 6 bulan sampai bayi berusia 24 bulan. Makanan pendamping ASI bukan untuk mengganti ASI, melainkan hanya untuk melengkapi ASI. Dalam hal ini makanan pendamping ASI berbeda dengan makanan sapihan karena makanan sapihan diberikan ketika bayi tidak lagi mengkonsumsi ASI.

Tujuan pemberian makanan pendamping ASI adalah untuk menambah energi dan zat-zat besi yang diperlukan bayi karena ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi secara terus-menerus.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu menyusui tentang pemberian makanan pendamping ASI pada bayi 6 – 24 bulan di BPS Nur Asiyah Sekampung Lampung Timur Tahun 2008.

Jenis penelitian yang digunakan dalam Karya Tulis ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang pemberian makanan pendamping ASI pada bayi 6 – 24 bulan di BPS Nur Aisyah Sekampung Lampung Timur Tahun 2008. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui yang mempunyai balita usia 6 – 24 bulan di BPS Nur Aisyah Sekampung yang berjumlah 108 ibu, dengan jumlah sampel 26 ibu dan pengumpulan data dilakukan dengan alat bantu kuesioner berupa pertanyaan bentuk multiple choice.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden di BPS Nur Aisyah Sekampung Lampung Timur Tahun 2008 berpengetahuan kurang yaitu yang berjumlah 76 orang (70,37%).

Kesimpulan dan penelitian ini bahwa pengetahuan ibu yang mempunyai bayi 6 – 24 bulan tentang pemberian makanan pendamping ASI bagi bayi yang terbanyak adalah dalam kategori kurang yaitu 76 orang (70,37%).

Kata Kunci : Pengetahuan, makanan pendamping ASI
iklan

0 komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TERKAIT (SILAHKAN KLIK):